Rabu, 19 September 2012

Sistem Penjualan PT. ELCO POWER SYSTEM

        Di setiap perusahaan mempunyai sistem penjualan dan alur penjualan barang atau jasa pada perusahaannya. Pada perusahaan tempat saya bekerja memproduksi Panel Listrik menggunakan sistem penjualan yang di mulai dari bagian Estimasi. Pada bagian ini mempunyai tugas untuk membuat penawaran harga kepada customer, sesuai dengan permintaan customer. Setelah itu customer akan menurunkan PO ( Purchase Order ). Maka bagian estimasi akan membuat MOP ( Mail Order Production ) setelah itu membuat RAB ( Rencana Anggaran Biaya ). Setelah itu bagian Estimasi akan menyerahkan MOP dan RAB ke bagian Fabrikasi. Setelah itu bagian Fabrikasi akan meminta pembelian barang atau komponen ke bagian Purchasing. Bagian Fabrikasi juga akan membuat Shop Drawing untuk di setujui oleh Customer. Setelah di setujui akan di serahakan ke bagian Produksi untuk dilaksanakn pembuatan Panel. Akan tetapi sebelum di serahkan ke bagian Produksi, bagian Accounting akan menurukan invoice kepada Customer untuk menagih 50% dari nilai PO ( Purchase Order ) untuk menjalankan produksi Panel. Setelah produksi panel selesai dan panel di kirim maka bagian Accounting akan menagih sisa dari awal tagihan yaitu akan menagih 50%.
         Akan tetapi pada perusahaan saya semua hal itu masih dilakukan secara manual menggunakan microsoft office excel. Belum menggunakan sebuah software. Maka dari itu agar semua dapat di kerjakan secara sistem bisa di buat suatu software atau aplikasi untuk membuat alur tadi bisa berjalan secara sistem. Mulai dari bagian Estimasi lalu Fabrikasi lalu Purchasing lalu Accounting dan terakhir ke bagian Produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar