Sabtu, 22 September 2012

Panduan Penulisan Abstraksi pada Jurnal Ilmiah

        Abstrak (intisari) memuat inti permasalahan, metodologi pemecahan masalah dan hasil yang diperoleh. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, disertai kata kunci (keyword) di bawahnya. Tulisan asli berupa softcopy yang dikirim penulis akan dicetak sebagai isi JURNAL apabila telah memenuhi panduan penulisan JURNAL dan telah mendapat koreksi dari reviewer. Panduan ini merupakan format baku acuan penulisan dan pengiriman tulisan ke JURNAL, sehingga panduan ini dapat langsung dijadikan template bagi penulis.
Kata kunci: panduan, tulisan, format, judul
        
        Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, dibuat tidak lebih dari 200 kata. Merupakan uraian singkat tetapi lengkap mengenai masalah atau tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Diakhir abstrak diberi kata kunci maksimal 5 kata kunci.
Abstrak berbeda dengan ringkasan. Bagian abstrak dalam jurnal ilmiah berfungsi untuk mencerna secara singkat isi jurnal. Abstrak di sini dimaksudkan untuk menjadi penjelas tanpa mengacu pada jurnal.
         Bagian abstrak harus menyajikan sekitar 250 kata yang merangkum  tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Jangan gunakan singkatan atau kutipan dalam abstrak. Pada abstrak harus dapat berdiri sendiri tanpa catatan kaki. Abstrak ini biasanya ditulis terakhir. Cara mudah untuk menulis abstrak adalah mengutip poin yang paling penting di setiap bagian jurnal. Kemudian menggunakan poin-poin untuk menyusun sebuah deskripsi singkat tentang studi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar